PELUANG USAHA JAMUR TIRAM

Administrator 12 Oktober 2016 13:18:27 WIB

PELUANG USAHA BUDIDAYA JAMUR TIRAM

 

 

(Bumirejo, 12/10/2016). Jamur  yang berbentuk cangkang tiram ini sangat mudah dibudidayakan dan dikembangbiakkan, baik di daerah pegunungan yang hawanya sejuk maupun dataran rendah yang relatif lebih panas. Desa Bumirejo, Lendah, Kulonprogo yang berada di ketinggian 200 meter dari permukaan air laut dan suhu rata 27 derajat selsius cocok untuk budidaya jamur tiram. Biasanya, jamur tiram putih tumbuh di alam bebas seperti di pohon atau batang kayu yang sudah lapuk. Namun, sekarang sudah mulai dibudidayakan dalam ruangan

Bagi warga dipedukuhan Dukuh Desa Bumirejo kecamatan Lendah, jamur tiram yang bernama latin Pleurotus ostreatus itu sudah bukan nama  asing lagi, hal ini dikarenakan salah seorang warganya yaitu fatmah Hartiwi , sejak tahun 2009 sudah membudidayakannya  sebagai bahan pangan alternatif yang kaya akan kandungan protein.

Menurut Fatmah “di sela-sela membersihkan baglog (media tanam) jamur yang tertata di kandang ukuran 3x15 m2, jamur merupakan produk pertanian yang sehat, budidayanya mudah dan ramah lingkungan, sumber  bahan baku mudah, mempunyai nilai ekonomi tinggi, menyerap tenaga kerja, mempunyai peluang pasar karena harganya relatif murah dibandingkan dengan harga daging dan berkhasiat bagi kesehatan, maka sayapun sangat tertarik untuk serius mengembangkan jamur tiram ini”.

               Dalam hal penjualan jamur tiram, sampai saat ini permintaan pasar sangat  terbuka, dan belum  mampu memenuhinya. sementara panenan sore sudah ada langganan warung makan kami, sehingga dalam waktu dekat ini berusaha menambah kandang, yang saat ini udah mampu memanen kurang lebih 10 kg perhari dari jumlah baglog produktif 3000.

Dengan melibatkan dua tenaga kerja, kami juga membuat Baglog sendiri. Baglog tersebut selain kami budidayakan sendiri juga kami jual, adapun harga per baglog 2.000,-,  sedangkan harga jamur tiram segar kalau saya jual  11.000,- per kg,  untuk membudidayakan dan pengembangbiakkan jamur tiram tidak terlalu sulit, tidak membutuhkan biaya dan lahan yang luas, sehingga pada dasarnya, pengembangbiakan jamur itu bisa dilakukan oleh siapa pun, asal suhu ruangan lembab dan lantai disiram. Suhu maksimal ruangan adalah 30 derajat celsius," kata nya.

Selain bermanfaat secara ekonomi dari sisi kesehatan jamur tiram putih memiliki berbagai manfaat, bisa sebagai makanan, asupan menurun kolesterol, sebagai antibakterial dan antitumor, serta dapat menghasilkan enzim hidrolisis dan enzim oksidasi, dan bermanfaat bagi penderita jantung lemah serta beberapa penyakit lainnya. Jamur ini juga dipercaya mempunyai khasiat sebagai obat berbagai penyakit seperti liver, diabetes, anemia. antiviral, dan antikanker.
Jamur tiram juga bisa dikonsumsi dengan berbagai cara pengolahan seperti digulai, disup, untuk soto. Bahkan bisa dijadikan makanan ringan dalam bentuk kripik. Papar fatmah Hartiwi.(Rizqi)\

 

 

 

Komentar atas PELUANG USAHA JAMUR TIRAM

Momo 12 Oktober 2016 21:07:55 WIB
Wah anti banjir ki gak kya melon.

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri & Info


Silahkan datang ke Kantor Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergitas Program

Komentar Terkini

Lokasi Kantor DesaBUMIREJO

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung