Tayub

Administrator 10 Mei 2018 23:25:29 WIB

Bumirejo, 10/05/2018.tepatnya tanggal 25 Ruwah, begitulah masyarakat Pedukuhan Kalangan menyelenggarakannya.Tayub..ya Tayub adalah salah satu kesenian tradisional yang selama bertahun tahun tak pernah ditinggalkan penggemarnya.

Walaupun di Pedukuhan Kalangan Desa Bumirejo ini tidak ada penari tayub, tetapi bisa dipastikan masyarakatnya akan secara gotong royong nanggap Tayub. Penari Tayub atau yang lebih dikenal dengan Ledhek Tayub ini biasanya didatangkan dari daerah Gunung Kidul. Mereka terdiri dari 4-5 penari dan beberapa wiyogo. Penari tayub yang jelita ini biasanya mengundang bapak- bapak atau pemuda untuk ikut menari bersamanya, hal inilah yang dikenal dengan istilah Ngibing..sambil bernari bapak- bapak atau pemuda yang ikut menari tayub memberikan saweran untuk penari berupa uang.

Di Pedukuhan Kalangan, Desa Bumirejo, Kecamatan Lendah, Kulon Progo, kesenian Tayub masih tetap terjaga dan terlestarikan hingga hari ini. Masyarakat setempat tidak terusik dan terpengaruh dengan suara-suara sumbang sementara pihak yang belakangan muncul terhadap keberadaan Tayub.

Bagi mereka Tayub adalah kesenian tradisional yang tetap harus dijaga, dilestarikan dan dikembangkan sampai kapan pun.

Warga Pedukuhan Kalangan hingga hari ini meyakini jika kesenian Tayub bisa dijadikan sarana untuk melakukan ‘Tolak Bala’ terhadap berbagai gangguan yang akan datang menimpa segenap warga. Gangguan itu bisa berupa penyakit, gagal panen, bencana, dan lain-lain.

 

Keyakinan itu begitu melekat di hati warga Kalangan. Karena itulah setiap tahun sekali di Pedukuhan Kalangan ini diselenggarakan pergelaran Tarian Tayub yang merupakan ritual ‘Tolak Bala’.

Pergelaran Tayub tahunan untuk ‘Tolak Bala’ itu dimaksudkan untuk menghindarkan atau melindungi masyarakat setempat dari bencana dan malapetaka.

Ritual ‘Tolak Bala’ dengan pergelaran Tayub tersebut sudah berlangsung sejak lama.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri & Info


Silahkan datang ke Kantor Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergitas Program

Komentar Terkini

Lokasi Kantor DesaBUMIREJO

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung